Enter your keyword

Latar Belakang

Dalam kerangka menjalankan amanah Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 tahun 2014 tentang keinsinyuran serta guna menopang pembangunan infrastruktur dan Industri Indonesia dengan memperhatikan meningkatnya kompetisi global dalam pekerjaan keinsinyuran, serta melaksanakan surat Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti no 674/C.C/KL/2016 yang memberikan tugas kepada Institut Teknologi Bandung untuk menyelenggarakan Program Profesi Insinyur, Institut Teknologi Bandung bekerjasama dengan Persatuan Insinyur Indonesia membuka Program Studi Program Profesi Insinyur. Lulusan dari Program studi ini diberikan gelar Insinyur (Ir) yang berlaku seumur hidup.

Mengapa Penting Menjadi Seorang Insinyur?

UU No. 11 Tahun 2014 BAB XIII KETENTUAN PIDANA Pasal 50
• Setiap orang bukan Insinyur yang menjalankan Praktik Keinsinyuran dan bertindak sebagai Insinyur sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).
• Setiap orang bukan Insinyur yang menjalankan Praktik Keinsinyuran dan bertindak sebagai insinyur sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini sehingga mengakibatkan kecelakaan, cacat, hilangnya nyawa seseorang, kegagalan pekerjaan Keinsinyuran, dan/atau hilangnya harta benda dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan / atau pidana denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran
  4. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur
  5. Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi no. 1462/C/KEP/VI/2016 tentang Panduan Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur.