Enter your keyword

Informasi Umum

Dalam kerangka menjalankan amanah Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 tahun 2014 tentang keinsinyuran serta guna menopang pembangunan infrastruktur dan Industri Indonesia dengan memperhatikan meningkatnya kompetisi global dalam pekerjaan keinsinyuran, serta melaksanakan surat Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti no 674/C.C/KL/2016 yang memberikan tugas kepada Institut Teknologi Bandung untuk menyelenggarakan Program Profesi Insinyur, Institut Teknologi Bandung bekerjasama dengan Persatuan Insinyur Indonesia membuka Program Studi Program Profesi Insinyur. Lulusan dari Program studi ini diberikan gelar Insinyur (Ir) yang berlaku seumur hidup.

Program Studi Program Profesi Insinyur (PS PPI) ITB menawarkan 18 sub program studi pada 7 fakultas/sekolah melalui jalur Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL), serta 1 sub program studi pada 1 fakultas melalui jalur Program Reguler.

PS PPI ITB melalui jalur Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL) akan dilaksanakan selama 1 semester. Pertemuan tatap muka akan diadakan pada awal, tengah dan akhir semester (akhir minggu) dengan proses tutorial yang dilaksanakan secara on-line. Sedangkan melalui jalur Program Reguler akan dilaksanakan selama 2 semester melalui kegiatan perkuliahan tatap muka dan tutorial di Kampus ITB.

Peminat program profesi keinsinyuran ITB melaksanakan pendaftaran secara online pada jadwal berikut di laman http://usm.itb.ac.id/oreg.

No Sub-Prodi jalur RPL
1 Rekayasa Kehutanan
2 Rekayasa Pertanian
3 Teknik Dirgantara
4 Teknik Elektro
5 Teknik Fisika
6 Teknik Geodesi dan Geomatika *)
7 Teknik Geofisika
8 Teknik Geologi
9 Teknik Industri
10 Teknik Kelautan
11 Teknik Kimia
12 Teknik Lingkungan
13 Teknik Material
14 Teknik Mesin
15 Teknik Metalurgi
16 Teknik Perminyakan
17 Teknik Pertambangan
18 Teknik Sipil
*) S1 Geodesi/Geomatika, pengalaman > 10 thn
No Sub-Prodi jalur Reguler
1 Teknik Geodesi dan Geomatika #
# kekhususan Hidrografi