Enter your keyword

Program Merdeka Belajar

Program Merdeka Belajar ITB adalah program baru yang akan mulai dijalankan pada Semester 1 2020/2021, sebagai partisipasi ITB di dalam mensukseskan Program Kampus Merdeka yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada akhir 2019 lalu. Kampus ITB terbuka lebar bagi mahasiswa Non-ITB yang ingin belajar mengenai IPTEK terkini dari staf pengajar terkemuka ITB, baik bagi mahasiswa dari dalam maupun dari luar negeri.

Pengambilan Mata Kuliah di Lapak Kampus Merdeka dapat diambil dengan sistem “credit earning”. Kepada peserta yang berhasil menyelesaikan semua syarat kelulusan Mata Kuliah tersebut akan diberikan transkrip kelulusan Mata Kuliah tersebut beserta nilainya dari ITB.

Program Kampus Merdeka dalam bentuk Seminar Online (Webinar), yang diberikan oleh staf pengajar di ITB, dapat diikuti oleh masyarakat luas secara gratis. List seminar online yang ditawarkan oleh ITB dapat dilihat di sini

Semua Mata Kuliah yang ditawarkan pada Program Merdeka Belajar dapat dilihat daftarnya di sini. Daftar Mata Kuliah tersebut akan diperbaharui setiap minggu. Perkuliahan pada program Merdeka Belajar akan dilakukan secara daring (melalui rekaman video dan webinar), yaitu sekitar 70%, dan secara non-daring (kuliah tatap muka, tutorial dan parktikum di laboratorium atau di lapangan, pelaksanaan ujian), yaitu sekitar 30%. Proses belajar secara daring akan memanfaatkan media EDUNEX yang dikembangkan oleh ITB serta platform daring lainnya. Proses belajar pada program Merdeka Belajar tidak mengikuti kalender akademik ITB: Setiap Mata Kuliah yang ditawarkan pada Program Merdeka Belajar akan memiliki jadwal pendaftaran, mulai perkuliahan, akhir perkuliahan, ujian-ujian, serta pengeluaran transkrip yang tersendiri.

Sebagian besar dari materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk video dapat diakses oleh masyarakat luar secara gratis. Namun demikian, untuk mengambil Mata Kuliah tersebut secara utuh, calon peserta harus mendaftar melalui sistem credit earning di sini.

Biaya per sks dari program ini ialah Rp 1,000,000 per sks. Reduksi biaya dapat diperoleh dengan memanfaatkan beasiswa/sponsorship yang ditawararkan oleh Kemendikbud, LPDP, dan lembaga-lembaga lainnya. Reduksi biaya dapat diberikan kepada calon peserta yang memenuhi kriteria tertentu, di mana seleksinya akan dilakukan oleh ITB (dikoordinasikan oleh Ditdik-NR).